Rabu, 17 Februari 2016

Agen Poker - Ternyata Ada Efek Negatif Dari Memiliki Teman Yang Pandai


Dekat dengan teman yang terlalu pandai bisa buat kamu mudah menyerah

Agen Poker - Seberapa sering kamu memiliki teman yang terlihat sangat pandai ketika di kelas dan selalu mendapat nilai yang tinggi secara terus-menerus? Teman yang terlihat jenius seperti itu mungkin pernah kamu jumpai di beberapa kelas yang kamu ikuti. Tetapi tahukah kamu bahwa memiliki teman seperti itu justru dapat membuatmu semakin cepat putus asa dan tidak berusaha secara maksimal ketika di kelas.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mencoba melihat pengaruh performa yang dimiliki teman terhadap perkembangan kepintaran dan usaha yang dilakukan oleh seseorang. Dari percobaan yang dilakukan tersebut diketahui bahwa melihat pekerjaan atau hasil dari teman yang sangat pandai justru dapat membuat mental seseorang jadi turun dan mudah menyerah.

Dilakukan dua penelitian dengan memanfaatkan partisipan untuk menulis esai. Dari percobaan tersebut diketahui bahwa seseorang yang membaca esai yang ditulis dengan sangat baik oleh orang lain akan cenderung kekurangan motivasi ketika menulis. Mereka juga cenderung tidak mengerahkan kemampuan secara maksimal karena merasa memiliki keterbatasan dalam dirinya.

Namun menariknya ketika seseorang membaca esai yang ditulis dengan buruk ternyata juga tidak mengalami peningkatan dalam kepercayaan diri dan hasil tulisannya. Peneliti mengatakan bahwa beragam hasil tersebut muncul karena keinginan dari dalam diri seseorang untuk menyaingi hasil milik teman. Namun ketika yang dilakukan teman ternyata sangat baik maka muncul rasa tidak percaya diri dalam diri mereka.

Hal ini juga disebut dapat terjadi di berbagai bidang dan tidak hanya dalam pendidikan saja. Cara terbaik untuk menghilangkan pengaruh ini adalah dengan tidak membandingkan diri dengan teman-teman di sekitar kamu.

Posted By : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar